×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

الأعضاء الكرام ! اكتمل اليوم نصاب استقبال الفتاوى.

وغدا إن شاء الله تعالى في تمام السادسة صباحا يتم استقبال الفتاوى الجديدة.

ويمكنكم البحث في قسم الفتوى عما تريد الجواب عنه أو الاتصال المباشر

على الشيخ أ.د خالد المصلح على هذا الرقم 00966505147004

من الساعة العاشرة صباحا إلى الواحدة ظهرا 

بارك الله فيكم

إدارة موقع أ.د خالد المصلح

/ / Tanda-tanda Malam Lailatul Qadr

مشاركة هذه الفقرة WhatsApp Messenger LinkedIn Facebook Twitter Pinterest AddThis

Apakah ada tanda-tanda untuk malam lailatul qadr? علامات لليلة القدر

المشاهدات:1613

Apakah ada tanda-tanda untuk malam lailatul qadr?

علامات لليلة القدر

الجواب

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta'ala, Rabb semesta alam. Shalawat, salam, dan keberkahan semoga selalu tercurah kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, keluarganya, dan para shahabatnya. Amma ba'du:

Dengan memohon taufik kepada Allah Ta'ala kami akan menjawab pertanyaanmu, kami katakan:

Kebanyakan orang menggambarkan bahwa malam lailatul qadr adalah malam yang berlangit cerah; dan pada malam itu dia dapat melihat mimpi dan peristiwa-peristiwa yang tidak dia lihat pada malam-malam biasanya. Tidak ada suatu dalil pun yang diriwayatkandari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallamtentang hal tersebut. Begitu juga tidak ada suatu dalil pun yang diriwayatkan dari keluarga Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, para shahabatnya, para tabi'in, dan salafus shalih tentangnya. Jadi tidak ada suatu dalil pun yang shahih yang berbicara tentang tanda-tanda malam lailatul qadr, yaitu hal-hal yang terjadi di malam lailatul qadr.

Ada beberapa perkataan yang dinukil dari sebagian kaum salaf, bahwa pepohonan sujud,dan pada malam itu cahaya terlihat lebih terang tidak seperti di malam-malam yang lainya. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi dan bisa saja bertepatan dengan malam lailatul qadr, akan tetapi bukan perkara yang pasti. Bahkan satu-satunya tanda yang diriwayatkan secara shahih dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah hadits yang disebutkan oleh Imam Muslim di dalam Shahihnya, dari jalannya, dari Ubaybin Ka'ab Radhiyallahu Anhu:

"أَنَّهُ تَخْرُجُ الشَّمْسُ صَبِيْحَتَهَا بَيْضَاءَ لَا شُعَاعَ لَهَا."

"Sesungguhnya pada pagi harinya matahari terbit dengan bewarna putih dan tidak menyilaukan."

Inilah tanda yang paling shahih. Akan tetapi para ulama berselisih pendapat, apakah tanda itu terus menerus terjadi di setiap malam dari malam-malam lailatul qadr? Ataukah tanda itu hanya terjadi di malam lailatul qadr di tahun itu saja? Permasalahan ini tidak diketahui oleh banyak manusia.

Intinya, baik kita katakan bahwa tanda tersebut terjadi di setiap malam lailatul qadr ataupun hanya terjadi di malam lailatul qadr di tahun itu saja, bahwa di malam lailatul qadr tidak ada tanda-tanda yang mengiringinya atau tanda-tanda yang datang sebelumnya. Sesungguhnya yang disebutkan hanyalah tanda yang datang setelahnya, maksudnyasetelah habis malam lailatul qadr. Yaitu bahwa pada pagi harinyamatahari terbit dengan bewarna putih dan tidak menyilaukan.

Hikmah dari hal itu adalah,agar orang-orang bersungguh-sungguh dan mengerahkan segenap usahanya untuk memperoleh keutamaan malam tersebut.Sedangkan orang yang tidak melihat malam tersebut, maksudnya orang yang tidak melihat cahaya, tidak melihat pohon, dan tidak melihat tanda-tanda yang disebutkan oleh sebagian orang dalam perkara ini, apakah berarti bahwa dia tidak mendapatkan malam lailatul qadr? Jawaban: tidak. Malam lailatul qadr akan didapatkan oleh setiap orang yang melaksanakan shalat di malam lailatul qadr karena imannya dan dengan mengharapkan pahala; karena sesungguhnya dia akan memperoleh keutamaannya, baik itu ditandai dengan sesuatu yang dia lihat maupun tidak.


الاكثر مشاهدة

1. جماع الزوجة في الحمام ( عدد المشاهدات127577 )
6. مداعبة أرداف الزوجة ( عدد المشاهدات62675 )
9. حكم قراءة مواضيع جنسية ( عدد المشاهدات59226 )
11. حکم نزدیکی با همسر از راه مقعد؛ ( عدد المشاهدات55711 )
12. لذت جویی از باسن همسر؛ ( عدد المشاهدات55179 )
13. ما الفرق بين محرَّم ولا يجوز؟ ( عدد المشاهدات52042 )
14. الزواج من متحول جنسيًّا ( عدد المشاهدات50024 )
15. حكم استعمال الفكس للصائم ( عدد المشاهدات45031 )

مواد تم زيارتها

التعليقات


×

هل ترغب فعلا بحذف المواد التي تمت زيارتها ؟؟

نعم؛ حذف