×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

الأعضاء الكرام ! اكتمل اليوم نصاب استقبال الفتاوى.

وغدا إن شاء الله تعالى في تمام السادسة صباحا يتم استقبال الفتاوى الجديدة.

ويمكنكم البحث في قسم الفتوى عما تريد الجواب عنه أو الاتصال المباشر

على الشيخ أ.د خالد المصلح على هذا الرقم 00966505147004

من الساعة العاشرة صباحا إلى الواحدة ظهرا 

بارك الله فيكم

إدارة موقع أ.د خالد المصلح

/ / Mimpi melihat Nabi shallallahu alaihi wasallam

مشاركة هذه الفقرة WhatsApp Messenger LinkedIn Facebook Twitter Pinterest AddThis

Apakah mungkin melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika tidur bukan sesuai sifat dan karakter beliau secara nyata? Dan bagaimana sifat Beliau, sehingga jika aku melihat Beliau aku akan mengenalnya? رؤية النبي صلى الله عليه وسلم في المنام

المشاهدات:1837

Apakah mungkin melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika tidur bukan sesuai sifat dan karakter beliau secara nyata? Dan bagaimana sifat Beliau, sehingga jika aku melihat Beliau aku akan mengenalnya?

رؤية النبي صلى الله عليه وسلم في المنام

الجواب

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Telah datang hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari (110) dan Muslim (2266), dari hadits Abu Hurairah –semoga Allah meridhainya- bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

((مَنْ رَآنِيْ فِيْ الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِيْ حَقًّا، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَايَتَمَثَّلُ بِيْ)).

Artinya: ”Siapa yang melihatku ketika tidur, maka dia benar-benar telah melihatku, karena syaithan tidak dapat merubah wujud menjadi aku.”

Dan dalam riwayat Al-Bukhari (6995), dari hadits Abu Qatadah –semoga Allah meridhainya- berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

((وَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَرَاءَى بِيْ)).

Artinya: ”Dan syaithan tidak bisa menampakkan diri sesuai dengan gambaranku.”

Jika seseorang melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi sesuai dengan gambaran dan karakter Beliau yang telah dikenal, maka dia telah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan nyata; adapun jika dia melihat bukan pada gambaran beliau yang dikenal, maka yang dilihat itu bukanlah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Al-Hakim telah meriwayatkan dalam kitab beliau Al-Mustadrak, dari jalan ‘Ashim bin Kulaib, dari ayahnya, bahwa dia melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Kulaib bin Syihab (ayah ‘Ashim) berkata: Maka aku ceritakan mimpiku kepada Ibnu 'Abbas, aku berharap bahwa yang aku lihat adalah benar-benar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dia berkata: Aku beritahukan bahwa Beliau mirip dengan Al-Hasan bin Ali. Kemudian Ibnu Abbas berkata: ”Beliau memang mirip dengannya”. Al-Hakim berkata hadits ini sanadnya shahih.

Al-Hafizh Ibnu Hajar mengomentari riwayat di atas, setelah beliau menukilnya dalam Fath Al-Bari (12/384): ”Dan sanadnya bagus,” kemudian beliau nukilkan pula dengan sanad yang shahih, dari Ibnu Sirin, bahwasannya jika ada orang yang menceritakan bahwa dia melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau berkata: ”Beritahukan kepadaku karakter orang yang telah engkau lihat.” Jika dia memberitahukan karakter yang tidak dia ketahui maka beliau berkata: ”Engkau tidak melihat Beliau.”

Oleh karena itu, apa yang telah engkau lihat tidak mungkin Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, hanya syaithan yang berusaha memperdayaimu. Wallahul muwaffiq.

Saudaramu,
Prof. Dr. Khalid bin Abdullah Al-Mushlih
13/01/1425 H


الاكثر مشاهدة

1. جماع الزوجة في الحمام ( عدد المشاهدات127300 )
6. مداعبة أرداف الزوجة ( عدد المشاهدات62441 )
9. حكم قراءة مواضيع جنسية ( عدد المشاهدات58475 )
11. حکم نزدیکی با همسر از راه مقعد؛ ( عدد المشاهدات55639 )
12. لذت جویی از باسن همسر؛ ( عدد المشاهدات55144 )
13. ما الفرق بين محرَّم ولا يجوز؟ ( عدد المشاهدات51717 )
14. الزواج من متحول جنسيًّا ( عدد المشاهدات49852 )
15. حكم استعمال الفكس للصائم ( عدد المشاهدات44082 )

مواد تم زيارتها

التعليقات


×

هل ترغب فعلا بحذف المواد التي تمت زيارتها ؟؟

نعم؛ حذف