×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

الأعضاء الكرام ! اكتمل اليوم نصاب استقبال الفتاوى.

وغدا إن شاء الله تعالى في تمام السادسة صباحا يتم استقبال الفتاوى الجديدة.

ويمكنكم البحث في قسم الفتوى عما تريد الجواب عنه أو الاتصال المباشر

على الشيخ أ.د خالد المصلح على هذا الرقم 00966505147004

من الساعة العاشرة صباحا إلى الواحدة ظهرا 

بارك الله فيكم

إدارة موقع أ.د خالد المصلح

/ / Berdalil dengan amalan penduduk kota Madinah

مشاركة هذه الفقرة WhatsApp Messenger LinkedIn Facebook Twitter Pinterest AddThis

Ada Perkataan sebagian ahli ilmu yang membingunganku, yaitu perkataan mereka:”Amalan ini dikenal oleh manusia di kota Madinah”, dengan tanpa mendatangkan dalil dari Al-Qur’an maupun As-sunnah? Begitu juga terkadang kaidah ini kontradiksi dengan firman Allah Ta’ala: ﴿وإن تطع أكثر من في الأرض يضلوك عن سبيل الله﴾ Artinya:” Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah”. Al-An’am : 116? حجية عمل أهل المدينة

المشاهدات:1230

Ada Perkataan sebagian ahli ilmu yang membingunganku, yaitu perkataan mereka:”Amalan ini dikenal oleh manusia di kota Madinah”, dengan tanpa mendatangkan dalil dari Al-Qur’an maupun As-sunnah? Begitu juga terkadang kaidah ini kontradiksi dengan firman Allah Ta’ala: ﴿وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ﴾ Artinya:” Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah”. Al-An’am : 116?

حجية عمل أهل المدينة

الجواب

Segala puji hanya milik Allah, semoga Allah memberi salam dan bershalawat atas Rasulullah, juga atas keluarga dan para sahabat beliau.

Amma ba’du.

Berargumen dengan amalannya penduduk kota Madinah adalah pendapat Malik Imam Darul-Hijrah –semoga Allah merahmatinya- dan juga pendapat murid-murid beliau, sedangkan kebanyakan ahli ilmu dari kalangan ahli hadits, ahli fikih dan ahli ushul menentang pendapat bolehnya berargumen dengannya, mereka berkata : tidak ada beda antara amalannya peduduk kota Madinah dan penduduk kota-kota lainnya; siapa yang sesuai dengan dalil maka bagi dialah argumen yang kuat darimanapun dia; maka tidaklah amalan seseorang menjadi dasar atas kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya sallallahu alaihi wasallam; permasalahan ini masyhur di kalangan ahli ilmu dalam kitab-kitab ushul fikih dan lainnya, dan terdapat cabang dan perincian yang panjang, namun barangkali yang telah aku paparkan di sini cukup berfaidah.

Saudaramu

Khalid bin Abdullah Al-Mushlih

01/04/1425 H


الاكثر مشاهدة

1. جماع الزوجة في الحمام ( عدد المشاهدات127305 )
6. مداعبة أرداف الزوجة ( عدد المشاهدات62444 )
9. حكم قراءة مواضيع جنسية ( عدد المشاهدات58483 )
11. حکم نزدیکی با همسر از راه مقعد؛ ( عدد المشاهدات55639 )
12. لذت جویی از باسن همسر؛ ( عدد المشاهدات55144 )
13. ما الفرق بين محرَّم ولا يجوز؟ ( عدد المشاهدات51721 )
14. الزواج من متحول جنسيًّا ( عدد المشاهدات49857 )
15. حكم استعمال الفكس للصائم ( عدد المشاهدات44093 )

مواد تم زيارتها

التعليقات


×

هل ترغب فعلا بحذف المواد التي تمت زيارتها ؟؟

نعم؛ حذف