×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

الأعضاء الكرام ! اكتمل اليوم نصاب استقبال الفتاوى.

وغدا إن شاء الله تعالى في تمام السادسة صباحا يتم استقبال الفتاوى الجديدة.

ويمكنكم البحث في قسم الفتوى عما تريد الجواب عنه أو الاتصال المباشر

على الشيخ أ.د خالد المصلح على هذا الرقم 00966505147004

من الساعة العاشرة صباحا إلى الواحدة ظهرا 

بارك الله فيكم

إدارة موقع أ.د خالد المصلح

/ / MEMBELI RUMAH DENGAN CARA RIBA

مشاركة هذه الفقرة WhatsApp Messenger LinkedIn Facebook Twitter Pinterest AddThis

Saya membeli apartemen dengan pinjaman riba. Saya menyesal dan ingin membebaskan diri saya dari perkara ini. Kemudian saya tawarkan untuk dijual, dengan niat untuk mengembalikan hak bank dan untuk menyewa rumah yang lain sampai saya bisa membeli rumah tanpa menyelisihi syariat. Dalam penjualan ini diprediksi saya akan mengalami kerugian yang cukup besar. Pertanyaan saya : Dari sisi syariah apa yang lebih utama : mempertahankan rumah dengan alasan adanya kerugian materi yang cukup besar ketika menjualnya ataukah tetap dijual walaupun ada kerugian agar aku mendapat ampunan Allah? Saya mohon jawaban segera dari Anda dan semoga Allah memberikan balasan kebaikan untukmu. اشتريت بيتا بيتا بالربا فكيف أتخلص منه؟

المشاهدات:1772

Saya membeli apartemen dengan pinjaman riba. Saya menyesal dan ingin membebaskan diri saya dari perkara ini. Kemudian saya tawarkan untuk dijual, dengan niat untuk mengembalikan hak bank dan untuk menyewa rumah yang lain sampai saya bisa membeli rumah tanpa menyelisihi syariat. Dalam penjualan ini diprediksi saya akan mengalami kerugian yang cukup besar. Pertanyaan saya : Dari sisi syariah apa yang lebih utama : mempertahankan rumah dengan alasan adanya kerugian materi yang cukup besar ketika menjualnya ataukah tetap dijual walaupun ada kerugian agar aku mendapat ampunan Allah? Saya mohon jawaban segera dari Anda dan semoga Allah memberikan balasan kebaikan untukmu.

اشتريت بيتا بيتا بالربا فكيف أتخلص منه؟

الجواب

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tersampaikan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya, dan keselamatan untuk mereka.

Amma ba’du.

Saya berdoa semoga Allah menerima taubatmu dari muamalah riba seperti ini.

Adapun cara melepaskan diri dari riba menurut saya adalah dengan meminta mereka untuk menerima pelunasan pokok pinjaman tanpa tambahan bunga sebagaimana mereka tidak mau menerima pelunasan segera dengan menghilangkan kewajiban membayar bunga sebagai kompensasi pembayaran yang diakhirkan.

Oleh karena itu menurut hemat saya penjualan rumah tidak berpengaruh dalam menghilangkan riba. Tidak wajib bagimu untuk menjual rumah itu ketika ada kesulitan dan tidak adanya manfaat dalam menyelamatkan diri dari riba.

Saudaramu.

Prof. Dr. Kholid Al Mosleh

13/11/1424H


المادة السابقة
المادة التالية

الاكثر مشاهدة

1. جماع الزوجة في الحمام ( عدد المشاهدات127302 )
6. مداعبة أرداف الزوجة ( عدد المشاهدات62442 )
9. حكم قراءة مواضيع جنسية ( عدد المشاهدات58480 )
11. حکم نزدیکی با همسر از راه مقعد؛ ( عدد المشاهدات55639 )
12. لذت جویی از باسن همسر؛ ( عدد المشاهدات55144 )
13. ما الفرق بين محرَّم ولا يجوز؟ ( عدد المشاهدات51719 )
14. الزواج من متحول جنسيًّا ( عدد المشاهدات49856 )
15. حكم استعمال الفكس للصائم ( عدد المشاهدات44092 )

مواد تم زيارتها

التعليقات


×

هل ترغب فعلا بحذف المواد التي تمت زيارتها ؟؟

نعم؛ حذف